Header Ad Banner

Monday, April 27, 2015

Pengertian Dari Kebahagiaan

Pengertian Dari Kebahagiaan

Berbagi Bahagia Bersama Tabloidnova.com - Secara etimologi kebahagiaan berarti keadaan senang, tentram; terlepas dari segala yang menyusahkan.sehingga, kebahagiaan adalah suatu keadaan yang berlangsung, bukanlah suatu perasaan atau emosi yang berlalu.
Kebahagiaan berasal dari kata Sanskerta, yaitu bhagya yang berate jatah yang menyenangkan. Bahagian juga diartikan dengan keberuntungan. Dengan demikian,kebahagiaan berarti suatu kondisi sejahtera, yang ditandai dengan keadaan yang relative tetap, dibarengi keadaan emosi yang secara umum gembira, mulai dari sekedar rasa suka sampai dengan kegembiaraan menjalani kehidupan, dan adanya keinginan alamiah untuk melanjutkan keadaan ini. Dalam perspektif ini bahagia pada dasarnya adalah berkaitan dengan kondisi kejiwaan manusia.


Menurut Aristoteles, kebahagiaan itu dapat dibagi menjadi lima bagian, yaitu :
Pertama, kebahagiaan yang terdapat pada kondisi sehat badan dan kelembutan indrawi. Kedua, kebahagiaan karena mempunyai sahabat. Ketiga, kebahagiaan karena mempunyai nama baik dan termasyhur. Keempat, kebahagiaan karena sukses dalam berbagai hal. Kelima, kebahagiaan karena mempunyai pola piker yang benar dan punya keyakinan yang mantap.
Dengan tercapainya kelima hal ini, menurut Aristoteles barulah manusia akan mencapai bahagia yang sempurna.
Sedangkan bagi filosof sebelum Aristoteles, seperti Phytagoras, Sokrates dan Plato, kebahagiaan hanya bias dicapai oleh jiwa saja. Oleh karenanya, ketika mengklasifikasikan bahagia mereka hanya membatasi pada fakultas-fakultas jiwa saja; seperti kearifan, keberanian, kesederhanaan dan keadilan. Kebahagiaan hanya akaan berkurang jika manusia mempunyai pikiran yang lemah. Dengan demikian, kemiskinan, nama baik, wibawa ataupun kekurangan lain diluar badan tidak akan merusak nilai kebahagiaan.
Jika diikuti konsepsi ini tentu akan menjadi persoalan yang cukup rumit, karena bagaimanapun juga tubuh adalah bagian dari diri manusia, begitu juga dengan lingkungan akan berpengaruh terhadap pola hidup manusia. Oleh sebab itu, pada dasarnya kesempurnaan bahagia itu akan tergantung juga pada kesempurnaan badan dan hal-hal yang berada diluarnya, sebagai factor pendukung.
Dari uraiana diatas, terlihat bahwa pada prinsipnya kebahagiaan tidak berada diluar badan, tapi berada di dalam diri manusia, yaitu dengan memungsikan potensi yang dimilikinya, melalui sarana-sarana yang menjadi objek pikiran. Artinya, untuk tercapainya bahgia sangat tergantung kepada cara manusia itu menyikapi hidup ini, bukan bagaimana hidup memberlakukan manusia. Namun, kebahagiaan di atas baru sebatas kebahagiaan duniawi dan defeniasi bahagia itu sendiri sukar untuk dirumuskan secara utuh karena ia terkait dengan orang atau subjek yang menjelaskannya. Berbagi Bahagia Bersama Tabloidnovacom

Ditulis Oleh : Belajar Ng-Blog

Bendito Sobat sedang membaca artikel tentang Pengertian Dari Kebahagiaan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Read Post Provider Vcc Murah Di Indonesia

0 comments:

Post a Comment